Mengapa Anda Harus Membalik Ceruk Anda

Tidak peduli seberapa banyak menurut Anda setiap orang akan membutuhkan apa yang Anda tawarkan, Anda tetap perlu menentukan siapa yang ingin Anda jangkau, jika tidak, Anda tidak akan dapat menjual kepada siapa pun. Ini mungkin tampak kontra-intuitif. Jika setiap orang membutuhkan produk Anda, mengapa tidak semua orang membelinya?

Izinkan saya memberi Anda contoh dulu, dan kemudian saya akan memberi tahu Anda jawabannya.

Katakanlah Anda membutuhkan sebuah mobil di  .

Jadi, Anda mengemudi, berjalan, atau menyukai bagian kota di mana terdapat selusin atau lebih dealer. Dan Anda mulai berjalan-jalan. Hal pertama yang menarik perhatian Anda adalah banyaknya jenis kendaraan yang ada: 2 pintu, 4 pintu, 5 pintu, pick-up, pick-up dengan kabin, soft-top, SUV, van …

Dan Anda menyadari bahwa semuanya akan membawa Anda dari tempat Anda berada ke tempat yang Anda inginkan.

Karena kebanyakan orang membutuhkan mobil, mengapa semuanya tidak sama? Alasannya bukan hanya kebutuhan pribadi, tetapi persepsi pribadi.

Keluarga membutuhkan mobil yang cukup besar untuk membawa semuanya; jadi mobil sport 2 tempat duduk tidak akan berfungsi untuk mereka. Tapi lebih dari itu, semua pembalap melihat dirinya dalam kategori yang berbeda dari pembalap lain.

Itulah mengapa Anda juga memiliki merek yang berbeda. Orang yang membeli Mercedes-Benz melihat diri mereka berbeda dari orang yang membeli Skoda. Kedua mobil tersebut akan mengantarkan Anda ke tujuan.

Hal yang persis sama berlaku untuk niche Anda. Pelanggan Anda akan berbeda dari orang lain, bahkan jika Anda menjual produk yang melakukan hal yang kurang lebih sama. Dan itu karena pelanggan Anda akan melihat diri mereka menggunakan produk Anda, tetapi bukan pesaing.

Ceruk yang mana?

Jadi pertanyaannya sekarang adalah, ceruk yang mana?

Dan kecuali Anda memiliki bakat untuk itu, Anda mungkin menemukan bahwa tidak mudah untuk memutuskan. Salah satu alasannya adalah Anda tidak dapat melihat kayu untuk pepohonan. Maksud saya, ketika Anda mulai memikirkan tentang ceruk apa yang akan Anda masuki, Anda akan segera menyadari berapa banyak orang lain yang sudah tertarik dengan Anda.

Dan kecenderungannya adalah untuk berpikir bahwa karena sudah ada banyak persaingan, mungkin itu bukan tempat yang baik untuk memulai. Jadi, Anda melihat pilihan kedua Anda dan Anda menemukan bahwa ada banyak sekali orang di dalamnya juga.

Dan setelah Anda melewati 10 atau lebih ceruk yang menarik bagi Anda, Anda mulai bertanya-tanya apakah masih ada yang tersisa.